Senin, 19 Februari 2018

Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 1

Pic 1. Kondisi Lab. Galeri Investasi sebelum Acara Edukasi Pasar Modal 2018

Belakangan ini, IHSG mengalami pergerakan yang fluktuatif dan cenderung mengalami penurunan di pekan kemarin. Beberapa analis menilai, walaupun IHSG tidak terpengaruh langsung oleh kondisi pasar di Amerika Serikat, namun secara tidak langsung, kondisi pasar di Amerika Serikat mempengaruhi psikologis para investor asing yang menanamkan investasi di Bursa Efek Indonesia.Walau IHSG sempat mengalami penurunan yang tak seburuk penurunan Dow Jones (Amerika Serikat), Pasar Indonesia tetap sangat rentan untuk dipengaruhi, apalagi kalau The Fed mengumumkan akan menaikkan bunga dan beberapa sentimen negatif yang sedang mempengaruhi kondisi pasar Indonesia.

 
Pic 2. Para Peserta Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 1

Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi tingkat antusias para mahasiswa dan mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk mempelajari Pasar Modal Indonesia secara mendalam. Pada bulan Februari 2018, Galeri Investasi BEI - UIN Maliki Malang bekerjasama dengan Kelompok Studi Pasar Modal - UIN Malang menyelenggarakan kelas Edukasi Pasar Modal 2018 di Galeri Investasi, Fakultas Ekonomi Lantai 3 untuk para mahasiswa dan mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Edukasi Pasar Modal 2018 pada tahun ini memiliki konsep yang berbeda dari konsep edukasi pada umumnya. Tim Kelompok Studi Pasar Modal - UIN Malang pada kali ini bertindak sebagai narasumber bagi kelas Edukasi Pasar Modal 2018 dan menyelenggarkan 4 kelas Edukasi Pasar Modal 2018 pada bulan Februari 2018. Pada tanggal 8 Februari 2018, Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 1 dihadiri oleh 10 Peserta yang terdiri dari 5 Mahasiswa UIN Malang, 3 Anggota KSPM UIN Malang, 2 Asisten Lab. Galeri Investasi - UIN Malang. 

Pic 3. Para Peserta Edukasi Pasar Modal - Batch 1

Tema diskusi pada edukasi kali ini mengambil tema Pasar Modal Indonesia dengan sub-tema Perkembangan Pasar Modal Indonesia. Para Peserta Edukasi Pasar Modal 2018 terlihat sangat antusias dengan pemaparan materi yang dilakukan oleh tim KSPM - UIN Malang. Beberapa peserta juga bertanya tentang teknis cara menabung saham secara spesifik seperti "Bagaimana cara melakukan penambahan saldo, alur pembelian dan penjualan saham, dan regulasi mengenai keamanan dana investor ketika melakukan investasi di Bursa Efek Indonesia khususnya Pasar Saham dan Obligasi".  Pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh Rio Septian selaku Narasumber bahwa Para Peserta bisa terlebih dahulu membuka rekening efek di Sekuritas yang ada di daerah Kota Malang, setelah melakukan pendaftaran rekening efek, para nasabah (peserta) mendapat Rekening Dana Investor yang digunakan sebagai rekening khusus efek yang nantinya dapat digunakan untuk melakukan pembelian atau penjualan saham. 

Beberapa peserta juga bertanya langsung mengenai pengalaman para tim KSPM di Bursa Efek Indonesia, dan dijawab langsung oleh Maulana Aditya, bahwa "Mas Maul (Maulana Aditya, Red) pernah mengalami kerugian saat melakukan trading saham pada awal pembukaan rekening saham, namun, setelah lama melakukan trading saham dan terus konsisten melakukan analisis fundamental dan teknikal". 

Kegiatan Edukasi Pasar Modal 2018 ditutup dengan doa dan kesimpulan dari kegiatan edukasi kali ini adalah "Berinvestasi di Pasar Modal sebenarnya sangat mudah, hanya perlu suatu niat, usaha, dan konsisten untuk terus mengembangkan jiwa investasi di dalam diri sendiri". para peserta edukasi sangat antusias untuk mendaftar dan ingin melakukan booking atau pesan tempat untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yang akan diselenggarakan oleh Kelompok Studi Pasar Modal - UIN Maliki Malang yaitu Sekolah Pasar Modal 2018.       
      
 
Pic 4. Para Peserta Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 1

Editor: alf
Sumber: KSPM - UIN Maliki Malang

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Tentang Kami

Galeri Investasi Syariah BEI – UIN Maliki Malang adalah salah satu Galeri Investasi Syariah dibawah naungan Bursa Efek Indonesia dan salah satu unit dibawah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi. Galeri Investasi Syariah BEI – UIN Maliki Malang didirikan pada tahun 2008, merupakan salah satu unit penunjang di Fakultas Ekonomi yang memberikan pelayanan data, informasi, dan sosialisasi terkait dengan perkembangan Pasar Modal Indonesia, khususnya Pasar Modal Syariah untuk kalangan umum, akademisi, maupun profesional yang berada di sekitar UIN Maliki Malang.

Jam Kerja:

Senin - Jumat pukul 08.00 - 16.00

Phone:

+62 898-0512-807