Jumat, 09 Maret 2018

Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 4

Belakangan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama berturut-turut mengalami penurunan, begitu juga beberapa harga saham ikut mengalami penurunan. Pada tanggal 7 Maret 2018, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup pada level 6.368,27 setelah sebelumnya dibuka pada level 6.500,11. Penurunan IHSG juga diikuti oleh Pasar Saham di beberapa negara lain.

Selain berdampak terhadap penurunan beberapa harga saham di Bursa Efek Indonesia, penurunan IHSG juga menarik beberapa investor untuk masuk dan melakukan akumulasi beli. Beberapa analis juga menilai bahwa ketika IHSG mencapai angka di rentang level 6.290 - 6.310 merupakan level yang menarik untuk melakukan transaksi pembelian. Hal tersebut nyatanya dilakukan oleh para investor asing di Bursa Efek Indonesia. Ketika Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penurunan hingga 2,03%, beberapa investor asing tercatat malah melakukan pembelian bersih (net buy). 

Namun, di tengah penurunan IHSG dalam beberapa pekan ini, Bursa Efek Indonesia membawa berita baik bagi para investor di Pasar Modal Indonesia. Bursa Efek Indonesia akan memberi beberapa insentif atau bantuan untuk para perusahaan start up yang ingin mencatatkan saham melalui Initial Public Offering (IPO). Saat ini, ada 3 perusahaan start up unicorn yang telah bertemu dan berkomunikasi dengan Bursa Efek Indonesia yaitu Tokopedia, Bukalapak, dan Go-Jek. Tersebarnya berita tersebut menyebabkan beberapa masyarakat mulai tertarik untuk berinvestasi dan menjadi investor di Pasar Modal Indonesia. Tidak hanya dari kalangan umum saja yang tertarik, dari kalangan mahasiswa dan mahasiswi di Perguruan Tinggi di Indonesia mulai tertarik untuk menjadi investor di Pasar Modal Indonesia.

Galeri Investasi BEI - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai salah satu Galeri Investasi dibawah naungan Bursa Efek Indonesia terus melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi pasar modal di kalangan mahasiswa, akademisi, dan masyarakat di sekitar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Pada tanggal 27 Februari 2018, Galeri Investasi BEI - UIN Maliki Malang bekerjasama dengan Kelompok Studi Pasar Modal - UIN Maliki Malang kembali mengadakan kelas Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 4. Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 4 dihadiri oleh 14 Peserta yang terdiri dari Direktur Galeri Investasi BEI - UIN Malang, 1 Asisten Galeri Investasi - UIN Malang, 2 Anggota KSPM - UIN Malang, dan 10 Mahasiswa UIN Maliki Malang. Tema diskusi pada edukasi kali ini mengambil tema Pasar Modal Indonesia dengan sub-tema "Investasi untuk Masa Depan". Para Peserta Edukasi Pasar Modal 2018 diberi penjelasan dan gambaran mengenai investasi yang nyata di Pasar Modal Indonesia melalui penyampaian materi lewat presentasi oleh Anggota KSPM - UIN Maliki Malang.


 Pic 1. Pemaparan materi Edukasi Pasar Modal 2018 oleh KSPM - UIN Malang

Selain melihat dan memahami materi yang disampaikan oleh anggota KSPM - UIN Maliki Malang, beberapa peserta langsung mengajukan pertanyaan untuk anggota KSPM selaku narasumber Edukasi Pasar Modal 2018. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh para peserta Edukasi Pasar Modal 2018, meliputi:
1. Bagaimana cara membuka rekening efek di Pasar Modal Indonesia?
2. Bagaimana alur Pembelian dan Penjualan Saham di Bursa Saham Indonesia?
3. Apabila kita tidak melakukan transaksi apapun selama 1 minggu di Bursa Saham Indonesia, apakah uang deposit kita di rekening efek atau Rekening Dana Investor (RDI) terkena potongan?
Semua pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh Anggota KSPM, Rio Septian selaku Narasumber Edukasi Pasar Modal 2018.

 
 Pic 2. Pemaparan materi Edukasi Pasar Modal 2018 oleh KSPM - UIN Malang

Selain itu, ada salah satu peserta Edukasi Pasar Modal 2018 yang sudah membawa uang deposit dan beberapa berkas untuk melakukan pembukaan rekening efek secara langsung di Galeri Investasi BEI - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hal ini menunjukkan bahwa para peserta Edukasi Pasar Modal 2018 memiliki minat dan antusias yang tinggi untuk langsung menjadi investor di Pasar Modal Indonesia. 

 
 Pic 3. Peserta Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 4

Setelah menjawab beberapa pertanyaan dari peserta Edukasi Pasar Modal 2018, Kegiatan Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 4 ditutup dengan doa dan kesimpulan dari kegiatan Edukasi Pasar Modal - Batch 4 adalah "Investasi merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih oleh masyarakat selain menabung dana di Bank. Investasi di Pasar Modal juga memiliki beberapa manfaat bagi masyarakat. Selain dapat menumbuhkan dana yang diinvestasikan oleh masyarakat di Pasar Modal Indonesia, Investasi juga dapat mengubah kebiasaan masyarakat dari sebelumnya saving menjadi investing". Dengan berakhirnya kegiatan Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 4, maka seluruh kegiatan Edukasi Pasar Modal 2018 di Bulan Februari 2018 telah berakhir. Untuk ke depannya, Galeri Investasi BEI - UIN Maliki Malang bekerja sama dengan Kelompok Studi Pasar Modal - UIN Malang akan menghadirkan kembali Edukasi Pasar Modal 2018 di bulan Maret 2018. Terima kasih.
         
Editor: alf
Sumber: KSPM - UIN Maliki Malang, Kontan Online, Bursa Efek Indonesia.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Tentang Kami

Galeri Investasi Syariah BEI – UIN Maliki Malang adalah salah satu Galeri Investasi Syariah dibawah naungan Bursa Efek Indonesia dan salah satu unit dibawah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi. Galeri Investasi Syariah BEI – UIN Maliki Malang didirikan pada tahun 2008, merupakan salah satu unit penunjang di Fakultas Ekonomi yang memberikan pelayanan data, informasi, dan sosialisasi terkait dengan perkembangan Pasar Modal Indonesia, khususnya Pasar Modal Syariah untuk kalangan umum, akademisi, maupun profesional yang berada di sekitar UIN Maliki Malang.

Jam Kerja:

Senin - Jumat pukul 08.00 - 16.00

Phone:

+62 898-0512-807