Kamis, 15 November 2018

Program Galeri Investasi Mobile sebagai Implementasi Ekonomi Digital pada Galeri Invetasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Bagaimana cara Anda mengembangkan Galeri Investasi Syariah di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Oleh : SITI NUR AZIZAH (16520057) AKUNTANSI 2016

Pertumbuhan tercepat bisnis atau industri di dunia adalah teknologi,karena penggunaan teknologi membuat kehidupan menjadi lebih efektif dan efisien. Teknologi berbasis industry hamper mencakupseluruhsektorusahatermasuksektorkeuangan.

Dimanasekarangini Indonesia tengah menghadapi era baruekonomi yang disebut ekonomi digital.Digital ekonomi adalah arena virtual dimana bisnis benar-benar dilakukan,transaksi terjadi,dan komunikasi terjadi dengan menggunakan internet sebagai media pertukaran.Pada lain kondisi,Otoritas Jasa Keuangan telah mengumumkan bahwa pasar modal Indonesia sekarang sudah berkembang menjadi salah satu sumber pendanaan jangka panjang bagi dunia usaha dan pemerintah. Berbagai program seperti pembangunan infrastruktur pun turut didorong menggunakan pendanaan dari pasar modal.Seperti yang  banyak pihak harapan untuk kedepannya Pasar Modal di Indonesia siap menghadapi persaingan dan tantangan gobal. Salah satu usaha yang dilakukan adalah melalui pendidikan atau sekolah dengan membentuk Galeri Investasi dan untuk mengembangkan Galeri Investasi tersebut dapat didukung dengan peluncuran Galeri Investasi terintegrasi teknologi yang berbasis mobile.

Pertumbuhan tercepat bisnis atau industri di dunia adalah teknologi,karena penggunaan teknologi membuat kehidupan menjadi lebih efektif dan efisien.Teknologi berbasis industry hamper mancakup seluruh sector usaha termasuk sector keuangan.Dimana sekarang ini Indonesia tengah menghadapi era baru ekonomi yang disebut ekonomi digital.Digital ekonomi adalah arena virtual dimana bisnis benar-benar dilakukan, transaksi terjadi,dan komunikasi terjadi dengan menggunakan internet sebagai media pertukaran.

Pada lain kondisi ,Otoritas Jasa Keuangan telah mengumumkan bahwa pasar modal Indonesia sekarang sudah berkembang menjadi salah satu sumber pendanaan jangka panjang bagi dunia usaha dan pemerintah. Berbagai program seperti pembangunan infrastruktur pun turut didorong menggunakan pendanaan dari pasar modal.Seperti yang banyak pihak harapan untuk kedepannya Pasar Modal di Indonesia siap menghadapi persaingan dan tantangan gobal.Salah satu usaha yang dilakukan adalah melalui pendidikan atau sekolah dengan membentuk Galeri Investasi dan untuk mengembangkan Galeri Investasi tersebut dapat didukung dengan peluncuran Galeri Investasi terintegrasi teknologi yang berbasis mobile.

Dengan adanya galeri investasi mobile diharapkan mahasiwa mengenal lebih jauh mengenai pasar modal serta meningkatkan pemahaman untuk melakukan simulasi transaksi secara langsung dimanapun mereka berada.Dengan demikian banyak sekuritas yang tertarik untuk bekerjasama dengan galeri investasi UIN Malang.Pembuatan aplikasi atau software dengan visualiasasi yang menarik dapat dibuat oleh mahasiswa yang ingin berkontribusi untuk laboratorium galeri investasi UIN Malang karena dengan banyaknya mahasiswa yang tertarik untuk berkontribusi atau bertransaksi pasar modal menunjukkan bahwa program dari pemerintah mengenai pengembangan investasi pasar uang telah berhasil.Semakin banyaknya kontribusi mahasiswa semakin menarik minat sekuritas untuk berkerjasama dengan Galeri Investasi UIN Malang.

Galeri Investasi Mobile tidak hanya dapat diaksesoleh mahasiswa namun seluruh pengguna jaringan internet.Sehingga secara tidak langsung dapat mengedukasi masyarakat disekitar UIN Malang maupun seluruh civitas akademika yang ada di UIN malang agar lebih proaktif menjadi investor yang potensial.

DaftarPustaka
MengenalGaleriInvestasiPasarModal,SaranaEdukasidanTransaksiEfek. Diaksestanggal 3/10/18. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/News/28
Indonesia Akan JadiPemainEkonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara. Diaksestanggal 3/10/18. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/6441/Indonesia+Akan+Jadi+Pemain+Ekonomi+Digital+Terbesar+di+Asia+Tenggara/0/berita_satker

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Tentang Kami

Galeri Investasi Syariah BEI – UIN Maliki Malang adalah salah satu Galeri Investasi Syariah dibawah naungan Bursa Efek Indonesia dan salah satu unit dibawah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi. Galeri Investasi Syariah BEI – UIN Maliki Malang didirikan pada tahun 2008, merupakan salah satu unit penunjang di Fakultas Ekonomi yang memberikan pelayanan data, informasi, dan sosialisasi terkait dengan perkembangan Pasar Modal Indonesia, khususnya Pasar Modal Syariah untuk kalangan umum, akademisi, maupun profesional yang berada di sekitar UIN Maliki Malang.

Jam Kerja:

Senin - Jumat pukul 08.00 - 16.00

Phone:

+62 898-0512-807