Jumat, 04 Mei 2018

Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 6

Selama tanggal 04 April 2018 hingga 11 April 2018, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak sangat fluktuatif. Pada tanggal 4 April 2018, IHSG mengalami penurunan lebih dalam ke level 6.157. Walaupun sempat mengalami penurunan tajam hingga menyentuh angka 6.157, IHSG kembali mengalami kenaikan dan berhasil menyentuh angka 6.300 setelah sempat tertahan di range level 6.100 - 6.200. Pada tanggal 5 April 2018, IHSG mencoba untuk bangkit pada awal sesi, dan ternyata pada akhir sesi perdagangan, IHSG berhasil ditutup pada level 6.183 atau naik 26 poin dari level sebelumnya. Beberapa investor pun mulai optimis untuk berinvestasi kembali di Pasar Saham Indonesia. Terbukti, setelah kenaikan tanggal 5 April 2018 tersebut, IHSG terus mengalami kenaikan dan ditutup kuat di level 6.360 pada penutupan perdagangan tanggal 11 April 2018. Hal ini menyebabkan beberapa investor mulai melirik kembali kekuatan Pasar Saham Indonesia di tengah berita panas "Perang Dagang antara Amerika Serikat dengan China" yg beberapa pekan ini menjadi perhatian utama para investor. 

IHSG pada tanggal 11 April 2018 berhasil ditutup di angka 6.360, melanjutkan tren kenaikan sejak tanggal 05 April 2018. Berita baik ini pun membuat para mahasiswa dan mahasiswi UIN Maliki Malang tertarik untuk berinvestasi di Pasar Modal Indonesia. Galeri Investasi BEI - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai salah satu Galeri Investasi dibawah naungan Bursa Efek Indonesia terus melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi pasar modal di kalangan mahasiswa, akademisi, dan masyarakat di sekitar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Pada tanggal 11 April 2018, Galeri Investasi BEI - UIN Maliki Malang bekerjasama dengan Kelompok Studi Pasar Modal - UIN Malang dan Mirae Asset Sekuritas Malang mengadakan kelas Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 6. Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 6 dihadiri oleh 13 Peserta yang terdiri dari Direktur Galeri Investasi BEI - UIN Malang, 1 Asisten Galeri Investasi - UIN Malang, 2 Anggota KSPM - UIN Malang, 1 OE Staff dari Mirae Asset Sekuritas Cabang Malang dan 8 Mahasiswa UIN Maliki Malang. Para Peserta Edukasi Pasar Modal 2018 diberi penjelasan dan gambaran mengenai investasi yang nyata di Pasar Modal Indonesia melalui penyampaian materi lewat presentasi oleh Anggota KSPM - UIN Maliki Malang dan Perwakilan dari Mirae Asset Sekuritas Cabang Malang.

 
Pic 1. Suasana Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 6

Selain melihat dan memahami materi yang disampaikan oleh Bapak Rizal Agung Wicaksono (OE Staff Mirae Asset Sekuritas) dan Maulana Aditya (Anggota KSPM - UIN Maliki Malang), beberapa peserta langsung mengajukan pertanyaan untuk Bapak Rizal Agung dan Mas Maulana Aditya selaku narasumber Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 6. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh para peserta Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 6, meliputi:
1. Apa saja syarat-syarat pembukaan akun investasi dan bagaimana cara membuka rekening efek di Pasar Modal Indonesia?
2. Apakah ketika kita berinvestasi pada suatu perusahaan dan perusahaan tersebut bangkrut, uang investasi kita tidak hilang atau hangus?
3. Apabila kita mempunyai akun investasi dan rekening efek, tetapi kita tidak menggunakannya secara intens, apakah akun investasi dan rekening efek tersebut akan expired atau langsung tidak bisa digunakan kembali?



Pic 2. Pemaparan Materi Edukasi Pasar Modal 2018 oleh Bapak Rizal Agung (OE Staff Mirae Asset Sekuritas Cabang Malang) 

Semua pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh Bapak Rizal Agung dan Mas Maulana Aditya selaku Narasumber Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 6. Selain itu, ada beberapa peserta Edukasi Pasar Modal 2018 yang ingin melakukan pembukaan rekening efek secara langsung di Galeri Investasi BEI - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hal ini menunjukkan bahwa para peserta Edukasi Pasar Modal 2018 memiliki minat yang tinggi untuk menjadi investor di Pasar Modal Indonesia. 

Pic 3. Pemaparan Materi Edukasi Pasar Modal 2018 oleh Bapak Rizal Agung (OE Staff Mirae Asset Sekuritas Cabang Malang) 

Setelah menjawab beberapa pertanyaan dari peserta Edukasi Pasar Modal 2018, Kegiatan Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 6 ditutup dengan doa dan para Peserta Edukasi Pasar Modal 2018 - Batch 6 diberi motivasi investasi oleh Bapak Rizal Aditya yang merupakan alumni Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Terima Kasih juga untuk Mirae Asset Sekuritas Cabang Malang atas support yang telah anda berikan kepada program kami.

Editor & Writer: alf
Sumber: KSPM - UIN Maliki Malang, Kontan Online, Bursa Efek Indonesia, Ekbis Sindonews.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Tentang Kami

Galeri Investasi Syariah BEI – UIN Maliki Malang adalah salah satu Galeri Investasi Syariah dibawah naungan Bursa Efek Indonesia dan salah satu unit dibawah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi. Galeri Investasi Syariah BEI – UIN Maliki Malang didirikan pada tahun 2008, merupakan salah satu unit penunjang di Fakultas Ekonomi yang memberikan pelayanan data, informasi, dan sosialisasi terkait dengan perkembangan Pasar Modal Indonesia, khususnya Pasar Modal Syariah untuk kalangan umum, akademisi, maupun profesional yang berada di sekitar UIN Maliki Malang.

Jam Kerja:

Senin - Jumat pukul 08.00 - 16.00

Phone:

+62 898-0512-807