Kamis, 13 September 2018

Relaunching Galeri Investasi Syariah BEI - UIN Maliki Malang



Pada tanggal 13 September 2018, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang akhirnya resmi melakukan Relaunching Galeri Investasi Syariah BEI - UIN Maliki Malang.  Relaunching Galeri Investasi Syariah - UIN Maliki Malang dihadiri oleh Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag, Pimpinan Pusat Informasi Go Public (PIGP) Surabaya, Dewi Sriana Rihantyasni, dan Indopremier Sekuritas, Adhe Citra Widiatmoko serta dihadiri juga oleh Bapak Widodo selaku Ketua OJK Kota Malang dan Perwakilan KSPM lainnya di Kota Malang. Kerjasama tripartit antara UIN Maliki Malang, Bursa Efek Indonesia dan PT. Indo Premier Sekuritas ditandatangani oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag),  Perwakilan Bursa Efek Indonesia - Pimpinan PIGP Surabaya (Dewi Sriana Rihantyasni), dan PT. Indo Premier Sekuritas yang diwakili oleh Adhe Citra Widiatmoko. Sekitar 600 peserta dari berbagai kalangan mahasiswa, profesi dan akademisi, hadir dalam acara Peresmian  Galeri Investasi Syariah BEI - UIN Maliki Malang di Gedung Rektorat, Lantai 5, UIN Maliki Malang.  Kegiatan ini dikemas bersama seminar nasional dengan tema  “Perkembangan Pasar Modal Syariah di Era Digital” (Kamis, 13/9).



















Pic 1. Penandatanganan MoU antara UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan Bursa Efek Indonesia dan Indopremier Sekuritas






Pic 2. Foto Bersama Peresmian Galeri Investasi Syariah BEI - UIN Maliki Malang

Dalam Sambutannya, Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag menjelaskan pentingnya mahasiswa untuk mempelajari investasi syariah yang telah difasilitasi oleh Fakultas Ekonomi, UIN Maliki Malang melalui kerjasama tripartit untuk membentuk Galeri Investasi Syariah - UIN Maliki Malang,. Pimpinan OJK Malang,  Bapak Widodo, menyampaikan minimnya pengetahuan atau literasi masyarakat terhadap  investasi pasar modal syariah di Kota Malang, khususnya di UIN Maliki Malang perlu untuk ditingkatkan kembali.  Dunia akademisi diharapkan akan  membuka kebuntuan pengetahuan investasi modal syariah bagi masyarakat. Pimpinan PIGP Surabaya, Ibu Dewi Sriana Rihantyasni menyampaikan bahwa Investasi di Pasar Modal Syariah dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk merencanakan finansial di masa depan.

Untuk sesi Seminar Pasar Modal Syariah, Para Pemateri berasal dari BEI (Kepala Pusat Informasi Go Publik  PT. BEI Jawa Timur, Dewi Sriana Rihantyasni), PT.Indo Premier Sekuritas  (Head of Marketing Area 2 Retail Divisi PT. Indo Premier Sekuritas, Adhe Citra Widiatmoko),  MUI  Kota Malang (Dr. H. Chamzawi, M.Hi), dan  Akademisi UIN Maliki Malang (Dr. H. Misbahul Munir, LC, M.Ei).







Pic 3. Bapak Adhe Citra Widiatmoko memberikan materi mengenai Pasar Modal Syariah


Pic 4. Relaunching Galeri Investasi - UIN Maliki Malang dan Suasana Seminar Pasar Modal Syariah 2018

Berbagai keuntungan  memiliki  investasi  modal syariah adalah  bisa memiliki saham perusahaan yang biasa memproduksi barang/jasa yang kita gunakan dalam keseharian, jika perusahaan beruntung bisa menikmati hasil devidennya, dan apabila harga saham meningkat bisa dijual untuk mengambil untung.  Harga saham yang ditawarkan oleh perusaan sangat variatif, mulai dari harga  Rp 50,00 per lembar saham.  Investasi saham memang memiliki risiko kerugian dan keuntungan yang tinggi, oleh karena itu harus bisa meminimalisir risiko dengan cara mempelajarinya di galeri investasi syariah, jelas Dewi Sriana.  Untuk bisa melakukan transaksi pada investasi  saham syariah harus memiliki rekening  efek, yang akan difasilitasi oleh Indo Premier Sekuritas.


Pic 5. Dekan Fakultas Ekonomi, Bapak Dr. Nur Asnawi memberikan sambutan sebelum pemotongan pita

Pengguntingan pita sebagai bentuk peresmian galeri investasi  syariah, dilakukan secara bersamaan oleh BEI, Lembaga Sekuritas Indo Premier, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan MUI Kota Malang.  Dalam sambutan pembuka peresmian, Dekan FE UIN Maliki Malang, Dr. H. Nur Asnawi. MAg, menyampaikan kelengkapan laboratorium galeri investasi  syariah  bertujuan agar bisa menghasilkan lulusan yang professional, khususnya di bidang investasi saham syariah.  Selamat dan sukses buat FE UIN Maliki Malang. (us).




Pic 6. Pemotongan Pita dan Peresmian Galeri Investasi Syariah BEI - UIN Maliki Malang

Sumber : http://fe.uin-malang.ac.id/galeri-investasi-syariah-uin-diresmikan

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Tentang Kami

Galeri Investasi Syariah BEI – UIN Maliki Malang adalah salah satu Galeri Investasi Syariah dibawah naungan Bursa Efek Indonesia dan salah satu unit dibawah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi. Galeri Investasi Syariah BEI – UIN Maliki Malang didirikan pada tahun 2008, merupakan salah satu unit penunjang di Fakultas Ekonomi yang memberikan pelayanan data, informasi, dan sosialisasi terkait dengan perkembangan Pasar Modal Indonesia, khususnya Pasar Modal Syariah untuk kalangan umum, akademisi, maupun profesional yang berada di sekitar UIN Maliki Malang.

Jam Kerja:

Senin - Jumat pukul 08.00 - 16.00

Phone:

+62 898-0512-807