Kamis, 19 September 2019

Meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan di Lingkungan UIN Maliki Malang


Dunia pasar modal tanah air sedang dalam masa kejayaan. Terutama jika mengacu pada beberapa capaian rekor di sepanjang tahun 2017, mulai dari level tertinggi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), nilai tertinggi penghimpunan dana, hingga jumlah investor yang tembus lebih dari 1 juta. Bursa Efek Indonesia (BEI) pun menjadi sorotan. Sebagai penyelenggara perdagangan saham dan instrumen investasi pasar modal lainnya, BEI semakin dikenal khalayak luas tak terkecuali para generasi milenial atau biasa disebut kids zaman now. Akses untuk memberikan informasi dan edukasi mengenai berinvestasi di pasar modal semakin terbuka.
Hal itu tak terlepas dari keberadaan jalur informasi yang semakin beragam bentuknya, kemajuan pasar modal Indonesia tidak bisa berjalan mulus tanpa kontribusi para investor atau pun masyarakat calon investor. Sebab pola pikir investor maupun masyarakat terkait investasi di pasar modal tak kunjung membaik.
Di UIN Malang tersendiri literasi keuangan mahasiswa maupun dosennya mengenai produk-produk keuangan masih sangat rendah, hal ini menyebabkan industry keuangan di dalam kampus pun jadi kurang bergairah. Oleh karena itu saya menawarkan beberapa strategi untuk meningkatkan literasi keuangan.
Merubah struktur organisasi dalam KSPM di UIN Malang, dimana anggota KSPM yang ada saat ini ia kan menjadi anggota aktif sedangkan seluruh mahasiswa FE UIN adalah anggota pasif. Karena dengan sistem seperti sekarang akan menyebabkan adanya jarak dan mahasiswa FE sendiribahwa GIS hanyauntukanggota KSPM sedangkan mereka adalah orang luar yang tidak boleh masuk ke GIS kalau tidak ada keperluan. Hal ini juga di terapkan di beberapa KSPM di UM dan di UNAIR.
Membantu mahasiswa mengenal pasar modal melalui kegiatan edukasi pasar modal dari anggota KSPM ataupun mengarahkan mereka untuk mengikuti sekolah pasar modal di kantor BEI di Surabaya. Terakhir saya harapkan untuk dosen untuk mewajibkan mahasiwanya untuk mempunyai akun rekening saham menjadi salah satu syarat kelulusan dalam matakuliah Manajemen Keuangan 1, karena tanpa praktek ilmu itu tidak ada gunannya. (ty)

1 komentar:

  1. Selamat siang Pak / Nyonya

    Kami Menawarkan Pinjaman kepada badan-badan Swasta dan Komersial dengan tingkat bunga tahunan yang sangat rendah, yaitu pembayaran kembali 3%, 1 tahun hingga 25 tahun. Kami memberikan pinjaman dalam kisaran 5.000 hingga 500.000.000. Ini untuk memberantas sejarah Bad Credit yang terus tumbuh, dan juga untuk menghasilkan laba yang stabil bagi perusahaan dan klien kami.

    Apakah Anda kurang tidur di malam hari mengkhawatirkan cara mendapatkan Pinjaman? Hubungi: Agen Pinjaman Paul sekarang melalui E-mail: paulhelpfund@yahoo.com atau WhatsApp: +91 733 787 3110

    Kami menawarkan pinjaman dengan tingkat bunga rendah 3% dan, kami menawarkan.

    *Pinjaman pribadi
    * Pinjaman konsolidasi hutang
    *Modal usaha
    * Pinjaman bisnis
    * Pinjaman pendidikan
    * Pinjaman rumah
    * Pinjaman dengan alasan apa pun

    Untuk Informasi Lebih Mendesak Dapatkan Kembali Ke Kami Segera. paulhelpfund@yahoo.com atau WhatsApp: +91 733 787 3110
    Salam
    Tuan Paul Moritz

    BalasHapus

Contact

Tentang Kami

Galeri Investasi Syariah BEI – UIN Maliki Malang adalah salah satu Galeri Investasi Syariah dibawah naungan Bursa Efek Indonesia dan salah satu unit dibawah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi. Galeri Investasi Syariah BEI – UIN Maliki Malang didirikan pada tahun 2008, merupakan salah satu unit penunjang di Fakultas Ekonomi yang memberikan pelayanan data, informasi, dan sosialisasi terkait dengan perkembangan Pasar Modal Indonesia, khususnya Pasar Modal Syariah untuk kalangan umum, akademisi, maupun profesional yang berada di sekitar UIN Maliki Malang.

Jam Kerja:

Senin - Jumat pukul 08.00 - 16.00

Phone:

+62 898-0512-807