Minggu, 22 September 2019

Peningkatan Literasi dan Inklusi Pasar Modal di Lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang


Literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf atau aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Namun lebih baik dari itu, makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya "kemampuan untuk mengenali dan memahami ide - ide yang disampaikan secara visual (adegan, video, gambar)" - Merriam Webster. Dalam lingkungan kampus terutama di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terkait inklusi dan literasi pasar modal cukup rendah, hanya sebagian orang saja yang melakukannya karena beberapa faktor penyebab, yaitu kurangnya minat terhadap hal tersebut, serta kurangnya informasi yang didapat akan hal tersebut sehingga kurang menimbulkan efek keterkaitan akan hal tersebut.
Di kalangan mahasiswa sebenarnya sudah mendapatkan pengetahuan tentang pasar modal, namun hanya beberapa saja yang mampu menerapkannya langsung di lapangan. Di kalangan mahasiswa terlebih di masyarakat sekarang ini jika punya banyak uang, paling mentok akan didepositokan. Mereka agak takut dipasar modal, yang katanya resikonya besar lah, judilah, dan lain sebagainya, maka dari itu pentingnya literasi dan inklusi pasar modal sangat dirasa berpengaruh untuk menyadarkan bahwa berinvestasi itu juga ada syar'inya, mudah dan murah, baik muda maupun tua semua bisa. Galeri Investasi Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan salah satu Galeri Investasi Syariah yang teraktif dalam mengedukasi pasar modal di Malang serta memiliki semangat yang tiada henti dalam menyosialisasikan pentingnya berinvestasi.

Dengan adanya kecanggihan teknologi, segala informasi dapat diakses dengan mudah, dari hal tersebut kita mampu memperoleh banyak informasi mengenai pasar modal pula. Selain itu, adapun salah satu dosen di Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang mewajibkan mahasiswanya untuk ikut andil dalam sosialisasi atau pembelajaran secara langsung di Galeri Investasi Syariah sebagai syarat kelengkapan penilaian dalam mata kuliah yang diampu oleh beliau. Dengan demikian secara tidak langsung hal tersebut dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan literasi serta inklusi pasar modal di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.(ty)

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Tentang Kami

Galeri Investasi Syariah BEI – UIN Maliki Malang adalah salah satu Galeri Investasi Syariah dibawah naungan Bursa Efek Indonesia dan salah satu unit dibawah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi. Galeri Investasi Syariah BEI – UIN Maliki Malang didirikan pada tahun 2008, merupakan salah satu unit penunjang di Fakultas Ekonomi yang memberikan pelayanan data, informasi, dan sosialisasi terkait dengan perkembangan Pasar Modal Indonesia, khususnya Pasar Modal Syariah untuk kalangan umum, akademisi, maupun profesional yang berada di sekitar UIN Maliki Malang.

Jam Kerja:

Senin - Jumat pukul 08.00 - 16.00

Phone:

+62 898-0512-807